Tesis “benturan antarperadaban” Samuel Huntington dalam “The Clash Of Civilizations and The Remaking of The World Order” (Samuel Huntington:1996)telah melahirkan apa yang disebut sebagai “garis-garis peradaban”. Garis-garis peradaban itu sendiri ternyata ditarik mengikuti pemilahan berdasarkan agama semata dan menjadi satu-satunya aspek yang diacu sebagai dasar amatan (Amartya Sen: 2006). Melalui penciptaan garis-garis peradaban itu kita lantas mengklasifikasikan orang berdasarkan peradaban yang diandaikan menjadi tempat mereka berada. Dengan kata lain, melalui pandangan tersebut muncul gagasan bahwa seseorang itu mesti dilihat pertama-tama sebagai bagian dari satu peradaban. Huntington membuat kontras yang sangat tajam antara: “peradaban Islam, Peradaban Hindu, Peradaban Budha, Peradaban Kristen, dsb. Pertanyaannya, apakah memang peradaban itu saling berbenturan? Apa pengaruh peradaban itu terhadap identitas atau jati diri, cara hidup, cara pandang, dan cara bertindak dari manusia yang menghidupi peradaban tersebut? Bagaimana menjelaskan manusia berdasarkan peradaban yang dihidupinya? Apakah ada kemungkinan untuk menciptakan suatu dialog peradaban sebagai opsi alternatif untuk meminimalisasi apa yang disebut dengan benturan peradaban-peradaban? Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan di atas bisa ditemukan dalam beberapa uraian para penulis yang terlibat dalam Sayembara ini. Oleh karena itu, kami dari panitia Sayembara Menulis Karya Ilmiah Untuk AKADEMIKA STFK LEDALERO, mengucapkan proficiat dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada para penulis sayembara.
Berikut ini kami lampirkan Rekapitulasi Nilai Akhir sayembara Menulis Karya Ilmiah.
REKAPITULASI NILAI AKHIR SAYEMBARA MENULIS KARYA ILMIAH
UNTUK AKADEMIKA STFK LEDALERO 2017
(PERADABAN DAN JATI DIRI MANUSIA)
NO |
NAMA |
JUDUL TULISAN |
JURI I |
JURI II |
JURI III |
TOTAL/JUARA |
|
1 |
ADRIANUS Y KIKO, Dkk |
Peradaban Sebagai Cara Berada Manusia |
33,33 |
77,15 |
78 |
179,93 |
|
2 |
ANNO SUSABUN |
Fundamentalisme Agama Sebagai Hegemoni Dalam Terang Konsep Hegemoni Antonio Gramsci |
41,67 |
70,3 |
62 |
173,97 |
|
3 |
ARSEN JEMARUT |
Pancasila Sebagai Peradaban Universal Bangsa Indonesia dan Institusionalisasi Nilai-Nilainya |
86,67 |
79,15 |
68 |
233,82 |
III |
4 |
DONNY KOLLI |
Jati Diri Manusia Pancasilais: Sintesis Atas Patologi Heterophobia |
29,17 |
75,9 |
62 |
167,07 |
|
5 |
EUGEN SARDONO, DKK |
Membangun Manusia Pancasilais Di Tengah Benturan Peradaban. Merefleksikan Konteks Sosio-Historis Pancasila |
37,24 |
71,3 |
63 |
171,54 |
|
6 |
FRANO KLEDEN |
Peran Agama-Agama Dalam Menghadapi Tantangan Fundamentalisme Agama Sebagai Buah dari Benturan Antarperadaban |
78,89 |
82,7 |
72 |
235,59 |
II |
7 |
HILLAL RAHMDHANI |
Pencegahan Prostitusi Melalui Penguatan Identitas Kebudayaan |
35,00 |
77,8 |
64 |
176,8 |
|
8 |
KRISPINUS BUDIMAN |
Menjadi Manusia Indonesia Di Tengah Arus Globalisasi Ketidakpedulian |
79,17 |
76,6 |
72 |
227,77 |
IV |
9 |
LEDIDIANA SERANG |
Ketuhanan Yang Maha Esa Sebagai Landasan Toleransi Dalam Membangun Peradaban Indonesia |
58,05 |
77,7 |
68 |
203,75 |
V |
10 |
RIO NANTO |
Merevitalisasi Urgensitas Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menyikapi Benturan Peradaban Indonesia |
50,83 |
73 |
65 |
188,83 |
VI |
11 |
VERIS KOTEN |
Jati Diri Bangsa dan Urgensitas Dialog |
34,99 |
76,6 |
70 |
181,59 |
|
12 |
YOHANES DAMAIKO UDU |
Turbulensi Islam-Barat: Tantangan Perenial Bagi Peradaban Global (?) |
82,22 |
89,4 |
74 |
245,62 |
I |
JUARA I: YOHANES DAMAIKO UDU, MAHASISWA STF DRYARKARA, JAKARTA
“TURBULENSI ISLAM-BARAT: TANTANGAN PERENIAL BAGI PERADABAN GLOBAL (?)
JUARA II: FRANO KLEDEN, MAHASISWA STFK LEDALERO, MAUMERE
“PERAN AGAMA-AGAMA DALAM MENGHADAPI TANTANGAN FUNDAMENTALISME AGAMA SEBAGAI BUAH DARI BENTURAN ANTARPERADABAN”
JUARA III: ARSEN JEMARUT, MAHASISWA STFK LEDALERO, MAUMERE
“PANCASILA SEBAGAI PERADABAN UNIVERSAL BANGSA INDONESIA DAN INSTITUSIONALISASI NILAI-NILAINYA”
JUARA IV: KRISPINUS BUDIMAN, MAHASISWA PASCASARJANA STFK LEDALERO, MAUMERE
“MENJADI MANUSIA INDONESIA DI TENGAH ARUS GLOBALISASI KETIDAKPEDULIAN”
JUARA V: LEDIDIANA SERANG, MAHASISWI IKIP MUHAMADYAH, MAUMERE
“KETUHANAN YANG MAHA ESA SEBAGAI LANDASAN TOLERANSI DALAM MEMBANGUN PERADABAN INDONESIA”
JUARA VI : RIO NANTO, MAHASISWA STFK LEDALERO, MAUMERE
“MEREVITALISASI URGENSITAS NILAI-NILAI PANCASILA DALAM MENYIKAPI BENTURAN PERADABAN INDONESIA”
Penulis:
Fr.Aldo Foya
BAGIKAN
PROGRAM STUDI SARJANA FILSAFAT PROGRAM STUDI SARJANA PENDIDIKAN KEAGAMAAN KATOLIK PROGRAM STUDI SARJ0
Penerimaan mahasiswa baru IFTK Ledalero tahun akademik 2025/2026 Prodi Ilmu Filsafat (S1) Prodi Pend0
Pendaftaran Online Program Studi Sarjana Filsafat, PKK, DKV, Kewirausahaan, Sistem Informasi & Magis0
© Copyright 2025 by Institut Filsafat dan Teknologi Kreatif Ledalero - Design By Institut Filsafat dan Teknologi Kreatif Ledalero